Contoh Isian Dokumen Refleksi Tindak Lanjut Observasi Kinerja Kepala Sekolah Indikator Program Pengembangan Kompetensi Guru

Contoh Isian Dokumen Refleksi Tindak Lanjut Observasi Kinerja Kepala Sekolah Indikator Program Pengembangan Kompetensi Guru

BlogPendidikan.net
 - Berikut ini Bapak/Ibu Kepala Sekolah bisa menyimak referensi contoh isian dokumen refleksi tindak lanjut observasi kinerja Kepala Sekolah.

Setelah pelaksanaan observasi kinerja dan tindak lanjut, dan pada langkah terakhir yaitu mengisi dokumen refleksi tindak lanjut observasi kinerja yang telah dilakukan kepala sekolah dari pelaksanaan observasi kinerja yang dilakukan oleh kepala sekolah. 

Anda juga bisa mendownload pada akhir artikel ini, melalui link yang telah di sediakan.

Contoh isian Formulir Refleksi Tindak Lanjut Kepala Sekolah baik indikator Program Pengembangan Kompetensi Guru pada Pengelolaan Kinerja PMM selengkapnya dapat menyimak hingga akhir artikel.

INDIKATOR : Program Pengembangan Kompetensi Guru

1. Apa inspirasi baru yang Anda dapatkan dari upaya tindak lanjut

Saya mendapatkan inspirasi untuk menerapkan program pengembangan kompetensi yang sudah saya ikuti selama pelatihan mandiri. Diskusi bersama guru, rekan sejawat dan atasan berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran.

Kolaborasi dengan warga sekolah melalui kesepakatan, memberi kesempatan untuk belajar dari pengalaman mereka dalam pengembangan kompetensi serta memperkaya praktik saya dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang aman, nyaman, menyenangkan, inklusif dan berpusat pada murid.

2. Berdasarkan inspirasi yang Anda dapatkan, apa perubahan praktik Anda di ruang kelas/satuan pendidikan yang telah Anda lakukan?

Saya mulai mengadopsi pendekatan yang lebih terstruktur dalam program pengembangan kompetensi yang berpusat pada peserta didik.

Saya juga mengintegrasikan strategi dari hasil diskusi bersama guru, rekan sejawat dan atasan sehingga berdampak positif pada peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Selain itu, saya juga lebih aktif berkolaborasi dengan warga sekolah dalam mengembangkan kompetensi diri berdasarkan hasil refleksi.

3. Apa 3 tantangan yang akan Anda hadapi dalam melakukan perubahan tersebut?

1. Mengubah pola pikir warga sekolah yang menganggap pengembangan kompetensi diri itu tidak begitu penting terhadap peningkatan kualitas pembelajaran.

2. Menyesuaikan strategi program pengembangan kompetensi dengan kebutuhan individual setiap siswa, sambil memastikan tetap memberikan lingkungan yang mendukung untuk kebutuhan semua siswa.

3. Konsistensi dalam menerapkan pendekatan holistik, terutama aktif berkolaborasi dengan warga sekolah dalam memperbaiki kualitas pembelajaran.

4. Bagaimana rencana Anda dalam mengatasi tantangan tersebut agar bisa memastikan perubahan terjadi?

1. Memberikan pemahaman kepada warga sekolah bahwa pengembangan kompetensi guru itu sangat penting untuk peningkatan kualitas pembelajaran yang berpihak pada murid.

2. Menggunakan pendekatan diferensiasi untuk memenuhi kebutuhan individu siswa.

3. Membuat pedoman perilaku yang jelas dan konsekuen (keyakinan sekolah), melibatkan semua warga sekolah dalam berbagai program, serta memberikan umpan balik secara konsisten untuk memperbaiki kualitas pembelajaran.

Untuk pilihan belajar di PMM, menyesuaikan dengan topik yang dipelajari dari modul pelatihan mandiri di PMM.

Contoh Isian Dokumen Refleksi Tindak Lanjut Observasi Kinerja Kepala Sekolah Indikator Program Pengembangan Kompetensi Guru, bisa Anda Download >>> DISINI

Ikuti dan baca artikel lainnya BlogPendidikan.net di GOOGLE NEWS

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Comments