Contoh Soal Pedagogik UKPPG Guru Tertentu Lengkap dengan Jawaban dan Pembahasannya

Contoh Soal Pedagogik UKPPG Guru Tertentu Lengkap dengan Jawaban dan Pembahasannya

21. "Nah, kalau demikian adakah gagasan apa untuk pemecahan masalah yang anda hadapi? Coba anda sampaikan." Percakapan ini dalam alur TIRTA terdapat pada tahap...

A. Tujuan

B. Rencana Aksi

C. Identifikasi

D. Tanggung Jawab

Pembahasan:

Percakapan tersebut terjadi pada tahap Rencana Aksi dalam alur TIRTA, di mana salah satu pihak mengajukan gagasan untuk pemecahan masalah yang dihadapi.

Jawaban paling sesuai: B

22. Salah satu kata kunci yang bisa kita ambil dari definisi coaching adalah...

A. pengembangan karir

B. knowledge sharing

C. pendampingan

D. optimalisasi potensi

Pembahasan:

Salah satu kata kunci yang dapat diambil dari definisi coaching adalah "optimalisasi potensi", yang menyoroti upaya untuk memaksimalkan potensi individu yang dibimbing.

Jawaban paling sesuai: D

23. Pak Dudung: Ok, Bu Dian...dari beberapa hal yang sudah kamu utarakan, bisa Ibu sampaikan dalam dua atau tiga kalimat kesimpulan?"

Bu Dian: "Hari ini saya sudah dapat beberapa solusi, untuk bisa mengaturulang jadwal saya. Saya akan meminta dukungan kepala sekolah untuk bisa memberikan jadwal yang lebih fleksibel."

Percakapan ini dalam alur TIRTA terdapat pada tahap...

A. Tanggung Jawab

B. Identifikasi

C. Rencana Aksi

D. Tujuan

Pembahasan:

Percakapan tersebut terjadi pada tahap Tanggung Jawab dalam alur TIRTA, di mana salah satu pihak diminta untuk menyampaikan kesimpulan dari percakapan yang telah dilakukan.

Jawaban paling sesuai: A

24. Pak Ahmad merupakan seorang pengawas yang handal. Pada sebuah pelatihan ia diminta untuk mendampingi beberapa orang guru yang akan mengikuti pelatihan fungsional calon pengawas sekolah selama 3 (tiga) bulan pelatihan. Peran yang tepat untuk Pak Ahmad adalah....

A. Trainer

B. Konselor

C. Coach

D. Mentor

Pembahasan:

Peran yang tepat untuk Pak Ahmad adalah sebagai mentor, karena ia akan mendampingi beberapa orang guru dalam jangka waktu yang cukup lama untuk mengembangkan keterampilan mereka.

Jawaban paling sesuai: D

25. "Baik Bu Nanan dari beberapa alternatif yang sudah ibu sampaikan tadi, apa tindaklanjut yang ibu dilakukan setelah sesi ini dan berapa lama target waktunya?" Pertanyaan ini dalam alur TIRTA terdapat pada tahap....

A. Tanggung Jawab

B. Rencana Aksi

C. Tujuan

D. Identifikasi

Pembahasan:

Pertanyaan tersebut terjadi pada tahap Tanggung Jawab dalam alur TIRTA, di mana salah satu pihak diminta untuk merencanakan tindak lanjut setelah sesi berlangsung.

Jawaban paling sesuai: A

Download Contoh Soal UKPPG Guru Tertentu Pedagogik Lengkap Jawaban dan Pembahasannya

                                HALAMAN ---  1   2   3   4   5 

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Comments